Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

10 Tips Hindari Dari Risiko Kanker Mematikan!

Sebenarnya ada beberapa penyebab utama risiko penyakit kanker. Baik itu untuk kanker serviks, kanker payudara, kanker hati, kanker otak dan jenis kanker lain. Setiap jenis kanker menunjukkan gejala yang berbeda. Untuk itu, penting bagi kita untuk senantiasa menerapkan pola hidup sehat supaya terhindar dari risiko kanker.

Dilansir dari laman prevention.com, Berikut 10 Tips Hindari Dari Risiko Kanker Mematikan :

1. Konsumsi Makanan Sehat

Pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat. Perbanyak konsumsi sayur dan buah juga makanan alami lainnya. Meski tidak sepenuhnya menjamin tubuh terhindar dari risiko kanker, konsumsi makanan sehat setidaknya bisa menurunkan risiko kanker hingga 50%.

2. Konsumsi Makanan Kaya Vitamin D

Berbagai makanan yang kaya vitamin D juga sinar mentari pagi sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D yang tercukupi dengan baik juga memungkinkan tubuh senantiasa terhindar dari risiko berbagai penyakit mematikan salah satunya kanker.

3. Kurangi Konsumsi Makanan Berlemak Jenuh

Berbagai makanan yang mengandung lemak jenuh dan memiliki rasa gurih yang menggugah selera memang sangat sulit untuk ditolak. Tapi ingat, meski sangat enak dan menggugah selera, makanan ini berbahaya buat kesehatan tubuh. Kadar lemak jenuh pada makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa memicu obesitas, serangan jantung, kanker usus besar, kanker rahim dan kanker prostat.

4. Jaga Berat Badan, Pastikan Tidak Obesitas

Kondisi obesitas bisa memicu berbagai penyakit mematikan termasuk kanker. Untuk itu, usahakan untuk melakukan diet sehat dan menjaga berat badan agar tidak mengalami obesitas.

5. Rajin Berolahraga

Pastikan untuk melakukan olahraga rutin dan gerak tubuh cukup agar tubuh senantiasa fit, terhindar dari berbagai penyakit dan terlindungi. Olahraga bisa dilakukan dari olahraga paling sederhana yakni lari pagi, senam atau yoga. Lindungi diri Anda dari risiko kanker dengan olahraga rutin.

6. Hindari Kebiasaan Buruk Merokok

“Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan janin” Inilah sepenggal kalimat peringatan yang selalu ada di setiap bungkus rokok. Ya, senyawa kimia berbahaya dalam rokok dipercaya sebagai pemicu berbagai penyakit mematikan salah satunya adalah kanker. Untuk itu, pastikan untuk menghindari atau meninggalkan kebiasaan buruk merokok agar tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari risiko kanker.

7. Istirahat Cukup

Usahakan untuk memiliki istirahat cukup setiap harinya. Idealnya, seseorang memiliki waktu istirahat 6 hingga 8 jam selama sehari semalam. Jangan biarkan Anda memiliki kebiasaan buruk tidur larut malam agar terhindar dari risiko kanker dan berbagai penyakit mematikan lainnya.

8. Hindari Pikiran Stres

Pikiran stres bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Stres juga bisa berpengaruh buruk pada pola hidup sehari-hari. Ini bahkan bisa meningkatkan berbagai penyakit termasuk kanker. So, pastikan selalu tenang, sabar, bahagia dan hindari stres berlebih.

9. Lakukan Vaksinasi

Vaksinasi tubuh dengan vaksin yang berhubungan dengan pencegahan infeksi. Vaksinasi hepatitis B bisa menekan risiko kanker hati dan HPV penyebab kanker serviks dan rahim.

10. Hindari Senyawa Karsinohenik

Umumnya, senyawa yang sering disebut sebagai formaldehida ini bisa kita jumpai pada asap kendaraan bermotor, pada produk sealant, benzena, asbes dan sejenisnya. Senyawa ini bisa meningkatkan risiko kanker dan mempermudah sel kanker berkembang juga menyerang tubuh. So, usahakan untuk senantiasa menghindari senyawa ini.

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Semper support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 4400902 , 4403101