Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Tidak hanya masalah ginjal yang harus diwaspadai, tapi lambung kita juga harus diperhatikan agar selalu sehat. Karena hal yang sepele justru bisa memengaruhi kesehatan lambung seperti pilihan makanan dan gaya hidup sehari-hari. Sebab kesehatan lambung akan sangat berdampak pada sistem pencernaan secara keseluruhan pada tubuh.

Beberapa kiat agar terhindar dari masalah lambung adalah seperti perbanyak deh minum air putih, mengonsumsi serat, dan rutin berolahraga. Ketika kita bijak dalam mengelola kesehatan lambung, maka sistem pencernaan pada lambung akan berfungsi lebih efisien.

Seperti yang dikutip dari KlikDokter, Berikut adalah 5 Tips Hindari Masalah pada Lambung:

1. Hindari stres

Ketika pikiran stres, lambung juga ikutan linglung. Stres memang suka datang tanpa rencana, untuk itu Anda wajib mengelola stres dengan baik agar tidak menyerang ke pencernaan. Saat seseorang dalam keadaan stres, bisa saja mengalami perasaan yang tidak nyaman pada bagian perutnya. Hal tersebut terjadi karena perasaan cemas dan khawatir bisa mengganggu keseimbangan pencernaan.

Pada beberapa orang hal tersebut dapat memperlambat pencernaan, menyebabkan kembung, nyeri perut dan sembelit. Sementara itu, pada beberapa orang lainnya bisa menyebabkan diare. Selain itu, stres juga bisa menurunkan atau bahkan menghilangkan nafsu makan seseorang.

2. Jaga pencernaan

Menjaga makanan adalah salah satu upaya menyiasati lambung agar tetap sehat.

Caranya:

  • Jangan terburu-buru saat makan, luangkan waktu untuk makan secara perlahan.
  • Jangan makan berlebihan, kurangi porsi pada saat makan, atau ganti tiga porsi besar dengan 4-5 porsi kecil.
  • Makan dengan teratur dan jangan pernah abaikan waktu makan.
  • Hindari makan makanan besar sebelum tidur, kalau bisa makan makanan terakhir setidaknya dua sampai tiga jam sebelum tidur.
  • Perbanyak minum air putih, setidaknya dua liter per hari.

3. Hindari minuman bersoda, kafein, dan alkohol

Kebiasaan buruk seperti mengonsumsi minuman yang mengandung soda, kafein dan alkohol yang berlebihan dapat mengganggu fungsi dari sistem pencernaan, dan menyebabkan masalah seperti meningkatkan produksi asam lambung yang dapat menyebabkan sakit maag dan bisa juga terjadi heartburn (sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan.

4. Berolahraga secara teratur

Olahraga yang teratur akan membantu menjaga makanan bergerak melalui sistem pencernaan dan juga dapat mengurangi sembelit. Selain itu, olahraga juga dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat, yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Jadi sekarang mulailah olahraga, minimal selama 30 menit saja dan coba bikin jadwal untuk melakukannya 3 kali dalam seminggu.

5. Makanan tinggi serat

Makanan kaya serat paling banyak terkandung dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Makanan tinggi serat tersebut dapat meningkatkan kesehatan lambung. Diet tinggi serat membantu untuk menjaga makanan bergerak melalui saluran pencernaan, sehingga kemungkinan untuk terjadinya sembelit akan berkurang.

Diet tinggi serat juga dapat membantu mencegah atau mengobati berbagai kondisi pencernaan, seperti tukak lambung, divertikulosis, wasir, dan sindrom iritasi usus besar. Makanan tinggi serat juga dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat.

source: health.liputan6.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Semper support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 4400902 , 4403101