Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Menerapkan pola makan yang sehat adalah cara terbaik bagi penderita diabetes tipe 2 untuk mengendalikan kadar gula darah. Ada tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu jadwal makan, jenis makanan, serta jumlahnya. Untuk jenis makanan, ada beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi rutin oleh penderita diabetes.

Dikutip dari MSN, berikut ini adalah 5 Makanan Rekomendasi untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes:

1. Jeruk

Buah-buahan sitrus memiliki efek jangka panjang yang positif terhadap kadar gula darah dan kolesterol berkat senyawa hesperidin dan serat larut di dalamnya.

Peneliti dari Harvard School of Public Health mengungkapkan bahwa semua buah sitrus (jeruk, lemon, jeruk nipis, jeruk bali) berhubungan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

2. Dark chocolate

Sejumlah studi menemukan bahwa dark chocolate berkualitas tinggi dapat menurunkan kadar insulin dan tekanan darah. Hal ini bisa terjadi karena di dalam dark chocolate terdapat senyawa yang disebut polifenol. Namun, diskusikan dengan profesional medis terlebih dulu sebelum Anda melakukan perubahan atau penambahan diet.

3. Minyak zaitun

Bagi penderita diabetes, pemilihan minyak untuk makanan sehari-hari juga perlu diperhatikan. Pilihlah minyak zaitun extra virgin ketimbang minyak kelapa sawit karena lebih sehat. Mengapa?

Minyak ini termasuk ke dalam lemak tak jenuh atau lemak “baik” sehingga lebih sehat. Karena itu, tambahkanlah minyak zaitun pada masakan Anda sehari-hari untuk memperbaiki kadar gula darah.

4. Kacang

Menurut jurnal Diabetes Care, mengonsumsi 2 ons kacang setiap hari dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Sementara, menurut Nurses Health Study, makan 5 porsi kacang per minggu (1 porsi = 1 ons kacang) dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan strok yang signifikan pada wanita dengan diabetes tipe 2.

5. Blueberry

Mengonsumsi blueberry bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat harian Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan blueberry secara teratur dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Periset juga melihat efek antiinflamasi dari fitokimia yang terdapat pada bluberry. Senyawa ini mampu menurunkan penyakit yang terkait dengan kardiovaskular yang biasanya dialami oleh penderita diabetes tipe 2.

source: klikdokter.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Semper support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 4400902 , 4403101