Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Jika Ada Orang yang Mengaku Dokter, Segera Lapor ke Sini

Salah satu perbincangan dalam acara “Ancaman Dokteroid bagi Kesehatan Masyarakat” di Kantor Pusat Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Jakarta, ditulis Jumat (2/2/2018). adalah seperti berikut “Saya bingung harus lapor ke mana, kalau ada dokter yang praktiknya seolah-olah dirinya dokter. Apalagi pasien yang berobat ke dokter tersebut banyak yang mengalami komplikasi”.

Demikian masyarakat masih belum mengetahui betul, ke mana harus melapor atau mengirim pengaduan terkait seseorang yang berperilaku layaknya dokter.

Padahal, orang tersebut tidak punya kompetensi dokter. Bahkan tidak ada surat izin praktik, Surat Tanda Registrasi (STR). IDI menyebut, orang yang bukan dokter, tapi berperilaku dokter dalam istilah dokteroid.

Ketika mengetahui ada temuan dokteroid, Indah Suksmaningsih dari Divisi Pembinaan Konseling Kedokteran mengatakan, laporan bisa diadukan ke Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

“Anda bisa melapor ke KKI. Informasi bisa dibuka di situs KKI atau datang langsung ke Gedung KKI di Jalan Teuku Cik Diktiro, Menteng, Jakarta,” kata Indah.

Segera laporkan dokteroid

Sekjen PB IDI, Adib Khumaidi menambahkan, temuan dokteroid bisa dilaporkan ke IDI cabang daerah masing-masing.

“Pengaduan dilaporkan ke IDI cabang. IDI cabang harus segera laporkan ke dinas kesehatan setempat,” lanjut Adib.

Jika orang yang bersangkutan terbukti sebagai dokteroid, maka bisa dilakukan persidangan.

source: liputan6.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Semper support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 4400902 , 4403101