Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Kista yang bisa berkembang jadi berbahaya dan paling umum terjadi adalah kista ovarium. Banyak wanita tak menyadari seperti apa gejala-gejala kista ovarium. Dikutip dari Women’s Health, Taraneh Shirazian, M.D., ginekolog di NYU Langone Health, mengatakan “Sebagian besar kista ovarium adalah kista folikel jinak yang datang dan pergi bersama dengan siklus menstruasi dan tidak memerlukan penanganan lebih lanjut. Sekitar 20 persen wanita mengalami kista yang tidak sembuh sendiri, dan memerlukan operasi.”

Berikut adalah 6 Gejala Kista Ovarium, Khususnya Wanita:

1. Sakit perut dan perut kembung tak terkendali

Pembengkakan adalah gejala yang umum, di area bawah perut. Orang mungkin berpikir dia bertambah gemuk, padahal kista yang ada did alam lah yang sedang berkembang semakin besar dan berat. Kista ini akan menekan sekitarnya dan menimbulkan sakit eprut dan kembung karena gas sulit keluar.

2. Rasa sakit di bagian bawah perut dan tidak kunjung berhenti

Rasa sakit ini adalah yang paling umum dialami banyak wanita. Nyeri bisa berada di sisi kanan atau kiri di panggul bawah, tepatnya di tempat rahim berada. Anda bisa merasakannya bukan hanya saat menstruasi saja, tapi juga saat olahraga, beraktivitas berat atau saat bercinta. Rasa sakit semakin parah biasanya adalah tanda kista yang semakin membesar. Tapi akan menghilang setelah menstruasi.

3. Sering merasa kenyang atau perut penuh

Bahkan jika Anda jarang makan, Anda merasa gampang kenyang dan perut terasa penuh. Perasaan berat di area perut ini perlu dicurigai, apalagi jika diikuti dengan rasa sakit. Membesarkan ukuran kista akan memberikan desakan pada area perut sehingga lebih sempit atau tak punya ruang. Jika tidak mengalami konstipasi, tapi masih terasa seperti ini, segera periksakan diri.

4. Sering kebelet buang air kecil

Kista yang membesar juga menekan area kantung kemih sehingga membuatmu ingin buang air terus menerus padahal ketika dicoba pipis, tidak bisa keluar atau susah keluar. Banyak wanita mengalami hal ini ketika ada kista ovarium.

5. Sakit saat berhubungan suami istri

Bukan karena ini pertama kalinya bercinta, tapi bercinta membuatmu merasa nyeri sepanjang waktu. Ini gejala umum ketika ada kista ovarium. Kista yang tumbuh besar akan menekan rahim dan serviks sehingga ketika ada hentakan ketika bercinta, akan menimbulkan rasa sakit luar biasa.

6. Nyeri punggung dan nyeri kaki

Area ovarium tidaklah besar sehingga ketika ada pembesaran kista, juga akan menekan area mana saja, termasuk area belakang atau punggung sehingga menimbulkan rasa sakit di bawah punggung dan bahkan nyeri kaki saat dibuat berjalan.

source: vemale

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Semper support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 4400902 , 4403101