Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Sakit kepala adalah kondisi sakit pada bagian kepala yang jika dibiarkan akan sangat mengganggu aktivitas. Ada banyak sekali jenis obat yang dibuat untuk menyembuhkan sakit kepala, mulai dari obat dengan bahan-bahan kimia sampai obat tradisional. Tapi diantara keduanya, obat tradisional-lah yang paling baik dan aman. Hal tersebut dikarenakan obat tradisional tidak mengandung bahan-bahan kimiawi yang dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Menggunakan bahan-bahan tradisional sebagai bahan obat tentu tidak akan menimbulkan dampak negatif atau efek samping tertentu setelah mengkonsumsinya. Dengan mengkonsumsi obat tradisional maka kita akan terhindar dari kemungkinan-kemungkinan obat telah kadaluarsa karena semua bahannya dibuat secara langsung.

Berikut adalah Tips Mudah Mengatasi Sakit Kepala:

1. Air putih

Dehidrasi adalah salah satu pemicu munculnya sakit kepala. Tubuh manusia terdiri dari cairan sebanyak 70%. Kekurangan cairan akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah sakit kepala. Sebagaimana menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas of Chicago di Amerika Serikat yang menyatakan bahwa konsumsi air 8 – 10 gelas setiap harinya dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Selain itu, mengonsumsi air dengan kadar yang cukup juga akan memperlancar sistem metabolisme di dalam tubuh.

2. Es Batu

Selain dapat berguna untuk meredakan dahaga, es batu juga memiliki segudang khasiat yang diantaranya adalah sebagai penyembuh sakit kepala. Sifat dingin yang ada pada es batu akan dapat merelaksasi otot-otot yang ada di kepala. Cara untuk menggunakannya cukup mudah yakni dengan menempelkan es batu dan menggosokkannya pada bagian kening selama beberapa saat. Lalu diamkan sampai sakit kepala Anda mereda!

3. Pisang

Buah pisang dipercaya mampu mengatasi sakit kepala, terutama jennis sakit kepala migran. Di dalam buah pisang terkandung zat magnesium dan potasium yang oleh para ahli medis dipercaya sebagai senyawa yang akan menyembuhkan sakit kepala. Oleh karena itulah, konsumsi buah pisang setiap hari dapat menurunkan resiko terkena migran.

4. Biji Wijen

Seperti kita tahu bahwa beberapa jenis makanan dihiasi dengan biji wijen. Namun dibalik itu, ternyata ada khasiat yang dapat kita ambil dari biji wijen tersebut, diantaranya adalah sebagai penghilang sakit kepala, terutama jenis sakit kepala migran dan sakit kepala belakang. Di dalam biji wijen terkandung vitamin E yang sangat efektif untuk meredakan sakit migran. Selain vittamin E, di dalam biji tersebut juga terkandung magnesium yang dapat mengatasi sakit kepala belakang.

5. Kentang

Selain kaya akan karbohidrat, kentang juga memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium inilah yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Kurang lancarnya sistem peredaran darah di dalam tubuh disebut-sebut sebagai salah satu pemicu munculnya sakit kepala. Untuk itulah, mengonsumsi kentang secara proposional dapat menurunkan resiko terkena sakit kepala. Hal yang harus Anda ingat saat mengkonsumsi kentang sebaiknya dengan cara dibakar atau direbus dan jangan dikupas kulitnya. pada bagian kulit kentang terdapat kandungan kalium yang paling tinggi.

6. Makanan yang Mengandung Mint

Cara ini khusus bagi Anda yang mengalami sakit kepala akibat penyakit maag. Perlu Anda ketahui bahwa penyakit maag adalah penyakit yang menyerang lambung seseorang. Tingginya asam lambung pada tubuh seseorang dapat memicu terjadinya maag. Selain menyebabkan sakit perut, maag juga bisa memicu sakit kepala. Untuk mengatasi hal itu, Anda dapat mengkonsumsi aneka makanan yang mengandung senyawa mint. Ciri makanan dengan senyawa mint adalah makanan akan terasa semeriwing saat berada di mulut. Atau untuk lebih mudahnya, Anda dapat menggunakan daun mint sebagai minuman kesehatan. Campurkan daun mint pada teh dan konsumsi minuman tersebut setiap sakit kepala menyerang!

7. Buah Semangka

Semangka adalah buah segar yang di dalamnya terkandung kadar air yang cukup banyak. Selain menyegarkan, semangka juga berkhasiat untuk meredakan sakit kepala. Di dalam buah semangka terkandung senyawa kalium yang tinggi. Senyawa ini mampu memperlancar sistem peredaran darah di dalam tubuh. Apabila peredaran darah lancar, maka sakit kepala pun tidak akan datang. Usahakan untuk mengkonsumsi daging buah semangka yang letaknya paling dekat dengan kulit atau pangkalnya! Pada bagian tersebut terdapat zat kalium dalam jumlah yang sangat tinggi.

8. Biji Alpukat

Alpukat adalah salah satu jenis buah yang banyak digemari oleh orang. Rasa dagingnya yang gurih bercampur manis dan bertekstur lunak membuat buah ini sangat pas jika diolah menjadi jus. Selain nikmat dikonsumsi pada bagian dagingnya, biji alpukat pun bermanfaat untuk meredakan sakit kepala. Cara menggunakannya sangat mudah. Parutlah biji alpukat lalu campurkan dengan sedikit air! Setelah itu, tempelkan ramuan tersebut pada dahi selama 1-2 jam atau selama semalaman.

source: aladokter

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Semper support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 4400902 , 4403101