Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Kolesterol merupakan salah satu jenis penyakit yang bahkan bisa berujung pada penyakit-penyakit lain yang serius dam berbahaya. Kolesterol merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah.

Kolesterol adalah keadaan di mana kadar kolesterol dalam darah melampaui kadar batas normal. Saat ini kolesterol adalah salah satu penyakit yang sering dan mudah ditemukan pada masyarakat. Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh bisa menjadi pemicu timbulnya berbagai jenis penyakit yang membahayakan tubuh.

Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa kolesterol tidak selalu berdampak buruk bagi tubuh. Ada dua jenis kolesterol yang terdapat dalam tubuh kita. Pertama adalah kolesterol LDL. Jenis kolesterol inilah yang buruk dan berbahaya bagi tubuh, sedangkan kolesterol HDL merupakan kolesterol yang dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg saja.

Saat ini kolesterol tinggi tidak hanya terdapat pada orang tua, ternyata anak-anak bisa memiliki kadar kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan oleh asupan makanan yang tidak terjaga. Terutama makanan yang berlemak. Semakin banyak makan berlemak yang masuk dalam tubuh, maka akan semakin banyak terjadi penumpukan lemak, yang jadinya akan semakin memperbesar kadar kolesterol dalam tubuhmu. Contoh makanan berlemak adalah: gorengan, daging kambing, susu, dan masih banyak lagi.

Bila kadar kolesterol LDL tinggi, maka akan menimbulkan penyumbatan pada aliran darah. Pastinya timbunan lemak
jahat itu akan mengganggu suplai makan menuju jantung. Hal ini akan memicu penyakit jantung dan stroke. Kadar kolesterol tinggi seringkali dihubungkan pada orang-orang yang bertubuh besar atau mengalami kegemukan, namun ternyata orang kurus pun dapat mempunyai kolesterol tinggi jika tidak menjaga asupan makanan yang masuk dalam tubuh dengan baik.

Bila Anda saat ini mempunyai kadar kolesterol tinggi maka sebaiknya Anda mulai menjaga dan mengatur makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda. Mulailah mengubah pola hidup dan menerapkan pola hidup sehat. Berikut di bawah ini adalah cara menurunkan kolesterol alami yang bisa Anda manfaatkan untuk menghindari mengkonsumsi
obat-obatan berbahan kimia.

Cara menurunkan kolesterol secara alami antara lain:

1. Mengkonsumsi oatmeal

Oatmeal mengandung banyak serat yang sanggup menghambat penyerapan kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Mulailah menjadikan sarapan oatmeal setiap pagi sebagai kebiasaan agar bisa menurunkan kadar kolesterol tubuh.

2. Olahraga

Kegunaan olahraga bukan hanya untuk menurunkan berat badan saja. Penelitian telah membuktikan bahwa dengan
rutin berolahraga maka kadar kolesterol baik pada tubuh akan meningkat. Anda tidak harus melakukan olahraga yang membebani tubuh. Tapi cukup dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan sehat, jogging, bersepeda, dan berenang. Lakukanlah secara rutin agar kadar kolesterol baik dalam tubuh bertambah dan membunuh kolesterol jahat.

3. Hindari makanan tinggi lemak dan pilih makanan sehat

Memang susah untuk mengatur masuknya makanan sehat yang masuk dalam tubuh, terutama jika Anda memang hobi makan. Namun mengkonsumsi makanan sehat adalah wajib dan diharuskan. Karena jika Anda hanya memilih untuk mengkonsumsi makanan tak sehat seperti fast food , junk food, dan sebagainya. Secara tak langsung Anda akan terus menerus menambah kadar kolesterol jahat ke dalam tubuh.

4. Rajin mengkonsumsi brokoli

Sayuran Brokoli mengandung serat yang tinggi, yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Brokoli akan membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami. Dengan begitu berbagai penyakit dalam tubuh akan segera dibasmi.

Caranya:

Konsumsilah brokoli secara rutin dalam berbagai menu
Cara mengolahnya dengan cara merebus dan hindari penggunaan minyak untuk mengkonsumsi brokoli.

5. Mengkonsumsi biji-bijian utuh

Nutrisi yang tinggi terdapat dalam biji-bijian utuh dapat meningkatkan kemampuan sel di dalam tubuh untuk berkembang dengan baik yang akan berguna untuk mencegah efek dari radikal bebas baik dari luar atau dalam tubuh. Biji-bijian utuh sangat penting untuk kesehatan karena mampu menyediakan berbagai macam nutrisi seperti protein, fiber, zat besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium dan vitamin B.

6. Mengkonsumsi bekatul

Apakah bekatul itu? Bekatul adalah sisa penggilingan padi ke dua. Pada saat padi digiling, kulit padi akan terpisah dari kulitnya. Nah bekatul itulah yang memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Yang berperan untuk menurunkan kolesterol dalam bekatul adalah kandung tokotrienol. Tokotrienol berfungsi untuk
menghambat kerja enzim yang bisa menimbun kolesterol di tubuh. Bekatul juga merupakan sumber serat pangan yang baik untuk memperlancar pencernaan. Kemampuan serat pangan adalah mengikat asam empedu yang nantinya keluar bersama dengan tinja.

Ada 2 cara untuk mengkonsumsi bekatul, cara pertama adalah :
Kukus bekatul selama 30 menit
Lalu keringkan dan konsumsi

Cara kedua adalah :

Sangrai bekatul tanpa minyak selama 10 menit.
Bekatul siap dikonsumsi

7. Kulit manggis

Selain buahnya yang bisa dimakan, kulit manggis juga memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan
tubuh. Dalam kulit manggis terdapat xanthone yang merupakan bahan aktif yang berfungsi sebagai zat anti-
kanker dan anti-oksidan, yang jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan vitamin C dan E. Anda bisa memilih mengkonsumsi ektrak kulit manggis yang banyak dijual di masyarakat atau dengan cara memblender kulit manggis kemudian meminumnya langsung.

8. Minum jus jambu merah

Buah jambu merah mengandung banyak zat dan mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh anda. Yaitu: anti-oksidan, fitonutrein, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan masih banyak lagi. Karena itulah sebaiknya mulailah minum jus jambu merah secara rutin.

9. Minum jus anggur

Kandungan anti-oksidan yang umum antara lain: piceatannol dan resveratrol, menghasilkan fitonutrien di dalam anggur yang telah banyak dibuktikan sebagai zat anti mikroba. Buah Anggur sendiri mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai anti-oksidan. Minumlah jus anggur minimal sehari sekali secara rutin untuk menurunkan kadar
kolesterol jahat dalam tubuh.

10. Minum air jeruk nipis setiap pagi dan malam

Buah jeruk nipis mengandung banyak flavonoid. Flavonoid ini berfungsi sebagai anti-oksidan yang kuat. Guna anti-oksidan untuk membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat
merusak sel-sel sehat pada tubuh.

Caranya :
Minum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan segelas air hangat. Lakukan di pagi hari saat bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Minum secara rutin agar kadar kolesterol jahat segera berkurang. Ingatlah, untuk melakukan cara-cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami di atas secara rutin. Supaya hasilnya maksimal dan memuaskan.

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Semper support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 4400902 , 4403101