Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak

Tidur hanya soal memejamkan mata. Sederhana dan mudah dilakukan, meskipun begitu kenyataannya tidak demikian. Tidak sedikit orang yang kesulitan untuk tidur atau memejamkan mata di malam hari.

Apakah Anda salah satunya?

Untuk bisa tidur yang nyenyak adalah perkara yang mudah dilakukan. Berdasarkan anjuran dokter tidur yang hadir dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh Princess Cruises, Dr. Michael J. Breus, PhD.

Berikut adalah Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak:

1. Atur jadwal tidur dan bangun secara teratur

Cara pertama yang mesti Anda lakukan agar bisa tidur nyenyak setiap hari adalah menetapkan jadwal tidur dan bangun yang teratur setiap hari. Ini berarti, Anda perlu tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari, sekalipun itu adalah hari libur.

Ketika hal tersebut sudah menjadi sebuah kebiasaan yang Anda lakukan setiap hari, maka jam biologis tubuh akan tersesuaikan dengan sendirinya.

2. Nikmati 15 menit sinar matahari pagi

Sinar matahari pagi tak hanya baik untuk kesehatan tulang, melainkan juga turut membantu mengatur produksi melatonin alias hormon tidur.

“Jam tubuh internal berjalan dengan jadwal 24 jam dan berfungsi paling baik ketika Anda terkena pola terang dan gelap yang teratur. Perubahan dalam keadaan cahaya dan gelap dapat berefek negatif bagi kemampuan tidur nyenyak,” kata Dr. Breus.

3. Olahraga 20 menit setiap hari

Tak hanya membuat tubuh lebih sehat, olahraga yang dilakukan setidaknya 20 menit setiap hari juga mampu membuat Anda bisa tidur nyenyak dan berkualitas.

Untuk hal ini, Anda tak perlu melakukan olahraga berat seperti angkat beban atau lari maraton. Anda hanya perlu berjalan kaki, joging, naik turun tangga, berkebun, atau olahraga lain sesuai minat dan kondisi tubuh Anda.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan, hindari berolahraga 4 jam sebelum tidur. Ini bertujuan agar tubuh Anda lebih relaks dan bisa bersiap untuk benar-benar beristirahat di malam hari.

4. Makan dengan menu dan waktu yang tepat

Meski rasa lapar melanda di malam hari, Anda tetap tidak boleh mengonsumsi makanan berlebih. Akan lebih baik bila Anda mengonsumsi camilan sehat seperti buah-buahan.

Agar tidak mengganggu waktu dan kualitas tidur Anda, konsumsilah camilan tersebut 3 atau 4 jam sebelum tidur.

5. Hindari kafein mulai pukul 2 siang

Jika ingin memiliki tidur yang nyenyak dan berkualitas, Anda wajib menghentikan konsumsi kafein mulai pukul 2 siang. Ini karena kafein bisa membuat tubuh Anda lebih aktif dan berenergi kira-kira selama 8 jam lamanya.

Oleh karena itu, jika kafein masuk ke dalam tubuh Anda pada sore atau malam hari, bukan tak mungkin kesulitan tidur yang akan terjadi sebagai akibatnya.

6. Relaksasi sebelum tidur

Pastikan tubuh dan pikiran Anda berada pada kondisi relaks ketika malam tiba. Untuk ini, dr. Breus memberikan saran bahwa Anda bisa mandi air hangat atau membaca buku.

“Jika suka membaca, pilihlah buku kertas. Hindari membaca buku digital yang ada di gagdet karena pancaran cahaya yang dikeluarkan akan menstimulasi otak untuk tetap terjaga,” ungkapnya

source: klikdokter.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Semper support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 4400902 , 4403101