Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

5 Manfaat Karbohidrat Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Makanan yang mengandung karbohidrat sangat untuk kita konsumsi karena sebagai sumber energi bagi tubuh kita. Tanpa karbohidrat maka tubuh akan terasa lemas, seperti kurang tenaga. Karbohidrat akan mendukung kesehatan tubuh secara umum. Berikut ini adalah 5 Manfaat Karbohidrat Bagi Kesehatan Tubuh Anda :

1. Menjaga kesehatan jantung

Jika sering mengkonsumsi makanan dengan lemak tinggi maka kemungkinan arteri akan dipenuhi oleh kolesterol. Kolesterol adalah zat yang sangat berbahaya untuk kesehatan jantung. Namun jika seimbang dengan konsumsi berbagai jenis sayuran, buah segar dan makanan olahan dandum seperti manfaat oatmeal maka bisa mengurangi resiko penyakit jantung.

Semua jenis makanan yang mengandung manfaat karbohidrat seperti serat akan membuat kesehatan jantung menjadi lebih baik.

2. Sumber energi bagi tubuh

Karbohidrat yang terbentuk dalam gula dan pati dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi. Semua aktivitas tubuh kita memerlukan energi agar bisa berjalan dengan baik. Beberapa aktivitas yang tidak kita sadari seperti bernafas juga membutuhkan energi. Glukosa yang didapatkan dari pati dan gula dari berbagai jenis makanan akan dipecah menjadi gula sederhana.

Proses ini membutuhkan insulin yang sudah diproduksi oleh pankreas. Setelah itu glukosa akan masuk ke bagian dinding sel dan bisa menjadi sumber tenaga untuk tubuh.

3. Mengendalikan Berat Badan

Jika memiliki bentuk tubuh yang gemuk maka jangan selalu langsung menghindari karbohidrat. Pemilihan beberapa jenis karbohidrat yang benar ternyata bisa memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Jika mengkonsumsi berbagai jenis karbohidrat yang berasal dari manfaat sayuran dan manfaat buah-buahan, maka bisa mengendalikan berat badan.

Makanan yang merupakan sumber manfaat karbohidrat, banyak mengandung serat dan akan sangat baik dalam mengendalikan proses metabolisme tubuh.

4. Membantu mencegah penyakit

Jika banyak mengkonsumsi berbagai jenis asupan makanan yang memiliki kandungan serat tinggi maka itu adalah upaya yang baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Makanan dengan kandungan serat tinggi akan mengurangi resiko dan bahkan mencegah munculnya penyakit diabetes dan kegemukan. Serat akan bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, pembakaran kalori, dan menurunkan resiko penyakit jantung.

5. Melancarkan pencernaan

Berbagai jenis makanan yang banyak mengandung manfaat karbohidrat terutama serat sangat baik untuk tubuh. Jenis serat yang larut dalam air dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses pencernaan baik dalam usus besar maupun usus kecil. Berbagai jenis makanan yang mengandung serat akan mengatasi sembelit dan beberapa gangguan pencernaan lain.

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Semper support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 4400902 , 4403101