Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Stroke merupakan satu dari tiga penyakit mematikan di samping kanker dan serangan jantung. Belum ada obat untuk menyembuhkan stroke, obat yang ada hanya berfungsi untuk memperlambat prosesnya.

Hal yang dapat dilakukan saat berhadapan dengan penyakit yang tidak ada obatnya adalah dengan menghindari faktor risiko. Contohnya menerapkan pola makan sehat dan mengurangi makan makanan berlemak tinggi.

Lemak dapat menyumbat pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah ke otak menjadi terganggu. Akibatnya otak tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang cukup. Sel-sel pada otak akan mati dan meningkatkan resiko terjadinya stroke.

Baca juga: Atasi Perut Kembung di Pagi Hari Dengan Makanan Ini

Dokter spesialis saraf dari RS Pusat Otak Nasional (RS PON), dr Silvia Francina Lumempoew, SpS(K) mengatakan, upaya meminimalisir risiko terserang penyakit stroke adalah dengan menghindari makan makanan pemicu kolesterol.

“Pola makan yang tentunya meningkatkan kolesterol ya, seperti makan makanan berlemak tinggi. Contohnya sop buntut, gulai, rendang,” kata dr Francina .

Selain menghindari makanan berlemak, dr Silvia juga menyarankan untuk menghindari makanan tinggi garam yang bisa memicu hipertensi dan memunculkan komplikasi penyakit lainnya.

“Supaya obatnya tidak bertambah banyak, hindari makan-makanan yang bisa memicu stroke. Kalau seneng makan yang berlemak dan asin-asin, obat pun jadi banyak untuk kelesterol dan hipertensi,” ujarnya.

source: health.detik.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Semper support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 4400902 , 4403101