Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami
Cara Meninggikan Badan Secara Alami

Cara meninggikan badan secara alami, memiliki tubuh dengan postur yang tinggi tentu menjadi idaman banyak orang. Umumnya, pertumbuhan wanita berhenti pada usia 14-15 tahun, dan pria pada usia 16 tahun.

Setelah melewati usia tersebut, tidak ada cara instan untuk menambah tinggi badan secara drastis. Tapi jangan khawatir, karena ada beberapa cara sehat dan alami untuk menambah tinggi badan.

Berikut adalah 12 cara menambah tinggi badan secara alami yang didapat dari detikHealth.

Baca juga: Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Konsumsi makanan sehat dan bergizi terutama yang tinggi akan kandungan vitamin D karena baik untuk kesehatan tulang. Karena, semakin dewasa umumnya tulang akan menjadi lebih rapuh sehingga membuat postur tubuh tampak lebih pendek dan bungkuk dari seharusnya. Beberapa makanan sumber vitamin D antara lain ikan salmon, ikan tuna dan keju.

2. Minum Susu

Bicara soal vitamin D, susu merupakan salah satu sumber vitamin D yang bagus untuk menambah tinggi badan dan memperkuat tulang. Vitamin D pada susu berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium yang berguna untuk meningkatkan pertumbuhan dan mencegah osteoporosis.

3. Tidur yang Cukup

Kurang tidur selama masa pertumbuhan bisa menghambat pertumbuhan tinggi badan. Untuk anak berusia 6-13 tahun, jam tidur yang ideal adalah 9-11 jam. Untuk remaja berusia 14-17 tahun yang sedang dalam masa pertumbuhan disarankan untuk tidur malam 8-10 jam. Sedangkan orang dewasa berusia 18-64 tahun idealnya tidur dalam 7-9 jam dalam sehari.

4. Perbaiki Postur

Seiring bertambah usia, postur tubuh kita akan semakin membungkuk dan membuat tubuh terlihat lebih pendek. Belum lagi karena kegiatan kita sehari-hari seperti duduk, berdiri dan berjalan dalam kondisi membungkuk.

Untuk itu, memperbaiki postur tubuh, terutama tulang belakang, merupakan salah satu cara yang bisa membuat tubuh terlihat lebih tinggi secara alami. Tidak hanya itu, memperbaiki postur tubuh juga akan mencegah sakit kepala dan sakit punggung.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Cepat

5. Yoga

Yoga merupakan salah olahraga yang bisa kalian lakukan untuk menambah tinggi badan. Pasalnya, yoga bisa menguatkan otot, meluruskan dan membantu postur tubuh terlihat lebih tegak dan tinggi.

Kalian bisa melakukan yoga sendiri di rumah dengan melihat tutorial latihan di YouTube, atau jika masih pemula kalian bisa mengikuti kelas dan petunjuk instruktur.

6. Lakukan Peregangan

Beberapa gerakan peregangan bisa kalian lakukan untuk menambah tinggi badansecara alami. Salah satu gerakan yang bisa kalian lakukan adalah leg stretch. Caranya sambil duduk, luruskan kedua kaki kalian di depan. Kemudian coba jangkau dan sentuh ujung jari kaki dengan tangan. Tahan selama 10 detik dan ulangi gerakan ini sebanyak lima kali.

7. Olahraga Renang

Renang merupakan salah satu cara untuk menambah tinggi badan dengan berolahraga. Karena, olahraga renang dapat melatih semua otot-otot tubuh sehingga mendorong bertambahnya tinggi badan.

8. Bersepeda

Bersepeda termasuk olahraga yang murah dan bisa dilakukan siapa saja. Olahraga ini juga bisa menambah tinggi badan secara alami. Caranya atur kursi sepeda agar lebih tinggi dan biarkan jari kaki yang bersentuhan dengan pedal. Cara ini akan menarik tulang untuk tetap tumbuh.

9. Lompat Tali

Olahraga lain yang bisa kalian lakukan untuk menambah tinggi badan adalah lompat tali. Karena gerakan lompat tali bisa menstimulasi otot kaki sehingga tubuh akan menjadi lebih tinggi. Olahraga ini cukup kalian lakukan 15 menit setiap hari.

10. Kuatkan Otot Tubuh

Otot tubuh yang kuat dapat membantu memelihara postur tubuh yang tegak dan terlihat lebih tinggi. Otot yang harus diperkuat khususnya otot di perut dan di sepanjang tulang belakang. Beberapa latihan yang bisa kalian coba untuk menguatkan otot tersebut adalah plank, push-up atau crunch.

Baca juga: Atasi Perut Kembung di Pagi Hari Dengan Makanan Ini

11. Tidur dengan Posisi yang Benar

Tidur dengan posisi yang salah dapat membuat tulang melengkung dan postur tubuh yang membungkuk. Cara tidur yang benar dan bisa membantu menambah tinggi badan adalah dengan posisi telentang, tanpa memeluk guling dan tidak menggunakan bantal yang terlalu tinggi.

12. Hentikan Kebiasaan Tidak Sehat

Selain melakukan cara-cara di atas, ada juga hal-hal yang harus kalian hindari untuk menjamin bertambahnya tinggi badan. Beberapa kebiasaan tidak sehat yang bisa menghambat pertumbuhan antara lain sering makan junk food, merokok, serta mengonsumsi minuman kafein dan beralkohol.

Itulah cara meninggikan badan secara alami, silahkan untuk dicoba. Terimakasih semoga bermanfaat.

source: heaelth.detik.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Semper support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 4400902 , 4403101