Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami
Penyebab Mata Sering Bengkak

Penyebab mata sering bengkak saat bangun tidur, beberapa di antara kita mungkin sering menyempatkan diri memeriksa wajah di cermin. Ketika melihatnya kadang kita bisa terheran-heran melihat kedua mata dalam keadaan membengkak.

Tenang saja, seringnya keadaan ini bukan masalah yang serius. Mata yang bengkak bisa terjadi karena berbagai macam alasan, seperti alergi, infeksi, ataupun karena terlalu keras menguceknya.

dr Judy Hu, dokter kulit Advanced Dermatology, PC, mengatakan jika pembengkakan berlangsung lama dan semakin memburuk, harus segera berkonsultasi ke dokter spesialis mata.

“Keadaan itu bisa jadi menandakan adanya masalah kesehatan yang serius, seperti orbital cellulitis, penyakit grave atau hepses okular,” kata dr Hu yang dikutip dari Dermstore.

Berikut ini adalah 6 alasan yang bisa jadi penyebab dan cara mengatasi mata yang bengkak di pagi hari.

Baca juga: Fakta Minum Air Putih Untuk Kulit

1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam

dr Hu mengatakan, salah satu alasan mata bengkak yang paling umum adalah asupan garam yang berlebihan. Jumlah garam dalam makanan menyebabkan tubuh menahan air yang berlebih.

“Dalam beberapa kasus, air tersebut cenderung menumpuk di jaringan ikat, yaitu di sekitar mata, terutama kelopak mata bagian bawah.

Untuk mengatasinya, kurangi asupan makanan asin atau mengandung jumlah garam yang banyak. dr Michele Green, salah satu dokter kulit di New York menyarankan, minum air yang banyak untuk menetralisir garam tersebut.

2. Terlalu banyak minum alkohol

Alkohol juga dapat menyebabkan pembengkakan pada area mata. dr Hu mengatakan, alkohol dapat menyebabkan dilatasi pada pembuluh darah. Ini membuat pembuluh darah melebar dan akumulasi cairan dapat terjadi.

Cara mengatasinya dengan minum air yang banyak sebelum dan sesudah bangun tidur. Selain itu, bisa juga menggunakan krim mata yang mengandung ekstra teh.

“Teh ini akan berfungsi untuk mengeras, melembabkan, meminimalkan munculnya garis-garis halus, lingkaran hitam, serta bengkak,” kata dr Alan J Parks, dokter spesialis kulit.

3. alergi

Alergi pada mata ataupun alergi musiman juga bisa menyebabkan pembengkakan mata. Reaksi alergi akan terjadi saat sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap zat asing, seperti bubuk sari atau debu.

“Kemudian, zat histamin pada tubuh akan dilepaskan dan membuat pembuluh darah di mata membesar serta membengkak. Lagi-lagi itu akan menyebabkan akumulasi cairan serta rasa gatal di daerah mata dan hidung berair,” jelas dr Hu.

Perawatan yang terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan meminum obat alergi yang dijual bebas, seperti claritin, allegra atau zyrtec. Jika tidak berhasil, segera konsultasi ke dokter.

“Hindari apa yang membuatmu alergi. Jika obat yang dijual bebas tidak memberikan efek apapun, konsultasi ke dokter dan akan mendapat resep yang sesuai dengan kebutuhan,” tutur dr Parks.

Baca juga: Inilah Kebutuhan Serat Bagi Anak

4. Menggosok/mengucek mata

Sebagian besar orang cenderung sering menggosok matanya setiap waktu. Dalam keadaan tidur ataupun saat bangun, tidak dipungkiri akan melakukan kegiatan itu tanpa disadari. dr Hu menjelaskan, tindakan itu sebenarnya traumatis pada kulit halus di sekitar area mata dan kelopak mata. Ini membuat pembengkakan pada daerah itu.

Untuk mengatasinya, kurangi menggosok mata dan oleskan masker pendingin atau kompres dengan susu dingin, ke area mata saat malam maupun pagi hari. dr Green mengatakan, susu dingin memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan kulit.

5. Kolagen Lemah

Keadaan mata yang bengkak juga dapat disebabkan dengan masalah genetik. dr Hu mengatakan, setiap orang memiliki kolagen di sekitar mata, yang menahan bantalan lemak di kelopak mata bagian bawah. Bertambahnya usia, serat kolagen dan elastisitas di sekitar mata menjadi lebih lemah dan menyebabkan bantalan lemak yang menonjol.

“Secara klinis, ini bisa dikatakan sebagai pembengkakan kelopak mata bawah,” kata dr Hu.

Untuk meningkatkan kolagen, lakukan laser thermage untuk menambah stok kolagen untuk kulit. Menurut dr Green, perawatan non-invasif ini membuat kulit terlihat lebih halus dan ramping.

6. Stress

dr Green mengatakan, stres dapat menyebabkan kortisol meningkat dan mengubah keseimbangan garam dalam tubuh. Menangis juga bisa menjadi alasan mata membengkak, apalagi terjadi pada malam hari sebelum tidur. Saat menangis karena emosi, air mata yang dihasilkan tidak seasin pada umumnya.

Ini akan mengalir kembali ke jaringan sekitar mata yang biasanya lebih asin dan dapat menyebabkan pembengkakan pada jaringan yang ada.

Untuk mengatasinya, coba kurangi rasa stres. dr Parks menyarankan, berolahraga dapat menghilangkan rasa stres. Selain itu, bisa menggunakan mentimun untuk mengurangi tanda-tanda kelelahan, bengkak, hingga lingkaran hitam di mata.

source: health.detik.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Semper support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 4400902 , 4403101