Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami
Pentingnya Sikat Gigi Yang Bersih

Pentingnya sikat gigi yang bersih! Sikat gigi mungkin hal yang mudah dilakukan namun kadang disepelekan. Anjuran untuk menyikat gigi dua kali sehari bukan hanya soal kesehatan gigi dan mulut, namun ternyata juga berdampak pada kesehatan secara keseluruhan.

Dikutip dari SELF, mulut kita terdapat banyak bakteri jinak. Jika kamu terbiasa menjaga kesehatan gigi dan mulut, maka tubuh bisa mencegah dan mengendalikan bakteri ini.

Baca juga: Inilah Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan

“Akan tetapi, apabila kamu jarang menyikat gigi, bakteri ini bisa menjadi berlipat ganda hingga mencapai kadar yang bisa menyebabkan infeksi mulut, misalnya gigi berlubang dan penyakit gusi,” tulis situs tersebut.

Beberapa studi juga menyebutkan bahwa bakteri di dalam mulut dan inflamasi terkait dengan periodontis, bentuk lebih parah dari penyakit gusi, dan bisa menyebabkan penyakit lain.

Kemudian, beberapa penyakit tertentu misalnya diabetes dan HIV/AIDS, dapat menurunkan ketahanan tubuh akan infeksi, sehingga memperparah kesehatan mulut. Berikut beberapa penyakit yang terkait dengan kesehatan gigi dan mulut yang buruk:

  • Encocarditis, merupakan infeksi di dinding dalam jantung (endokardium), biasanya terjadi saat bakteri atau kuman dari bagian tubuh lainnya, seperti mulut, tersebar melalui aliran darah dan tertempel pada area rusak di jantung.
  • Penyakit jantung seperti penyumbatan arteri dan juga stroke bisa disebabkan bakteri dalam mulut.
  • Periodontitis disebut terkait dengan kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah.
  • Diabetes menurunkan ketahanan tubuh akan infeksi sehingga membuat gusi menjadi rentan dan semakin parah, menyulitkan orang untuk mengendalikan kadar gula darah.
  • HIV/AIDS menyebabkan lesi mukosa yang cukup menyakitkan dan sering terjadi dan lebih parah apabila kesehatan gigi dan mulut tak terjaga.

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut yang baik, jangan lupa untuk menyikat gigi dua kali sehari, gunakan floss, makan makanan sehat dan mengurangi cemilan.

Gantilah sikat gigi tiga hingga empat bulan atau jika bulunya sudah mekar, periksakan gigi ke dokter secara rutin, dan berhenti merokok. Jangan anggap remeh apabila ada gigi yang sakit.

Baca juga: Jenis, Penyebab, Gejala, Diagonis dan Pengobatan Batu Ginjal

Source: health.detik.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Semper support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 4400902 , 4403101