Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Makanan memang mungkin sering membuat Anda kalap hingga makan berlebihan dan perut jadi begah. Kekenyangan dapat membuat kondisi perut jadi tidak enak dan aktivitas terganggu. Cari tahu cara mengatasi kekenyangan dan tips mengatasi perut begah di sini.

Perut begah akibat makan kekenyangan dapat mengganggu aktivitas Anda. Selagi Anda menunggu sistem gastrointestinal bekerja untuk menyerap makanan, Anda bisa melakukan beberapa hal mudah untuk mengatasi perut begah kekenyangan.

Berikut ini adalah cara mengatasi perut kekenyangan, yaitu:

Baca juga: Atasi Perut Kembung di Pagi Hari Dengan Makanan Ini

  1. Minum Air Putih

Makan terlalu banyak membuat Anda kekenyangan. Anda harus berhenti makan dan juga hindari minum soda atau minuman berperisa. Saat perut Anda kekenyangan sangat dianjurkan untuk minum air putih yang cukup. Air putih  akan menyerap lebih cepat makanan di perut Anda.

Angela Onsgard, RD seorang nutritionist dari Miraval Arizona mengatakan bahwa air putih  akan mendorong makanan dan membantu buang air besar jadi lebih cepat sehingga perut Anda jadi lega kembali. Air mineral juga mengurangi gejala perut kembung.

  1. Bergerak

Perut begah setelah makan kekenyangan memang membuat Anda sulit dan malas bergerak, namun jangan biarkan makanan menumpuk di perut begitu saja. Cara mengatasi kekenyangan adalah dengan bergerak atau berjalan santai sedikit demi sedikit..

Bergerak ringan  akan membantu makanan melewati usus lebih cepat dan meringankan rasa mulas segera yang kemungkinan timbul ketika begah. Berjalan juga membantu Anda dalam mengurangi kadar gula darah dan trigliserida yang umumnya terjadi setelah makan banyak. Jadi, jangan malas bergerak terutama saat Anda makan kekenyangan.

  1. Berhenti Makan

Mungkin Anda sedang berada di acara yang menyediakan berbagai makanan lezat atau Anda sedang mukbang dengan teman-teman, namun Anda harus segera berhenti makan saat perut sudah begah. Istirahatkan perut Anda sebentar lalu Anda bisa lanjut makan lagi.

Saat Anda merasa perut Anda sudah lebih baik, jangan langsung makan-makanan berat yang mengandung karbohidrat seperti nasi, kentang, atau mie. Cobalah untuk makan makanan rendah lemak terlebih dahulu seperti semangkuk sup dan secangkir teh hangat.

  1. Bersendawa

Bersendawa dengan posisi tubuh tegak agar gas naik ke atas perut dan keluar dari kerongkongan.  Bersendawa tidak hanya sebagai tanda bahwa Anda sudah kenyang namun juga melegakan perut Anda. Semoga Anda sedang berada di suasana yang pantas untuk bersendawa saat kekenyangan.

  1. Kentut

Sangat baik jika Anda segera kentut saat perut begah, itu akan melegakan perut. Kentut akan membantu mengurangi tekanan internal dan peregangan tidak nyaman di perut Anda. Kentut juga baik saat Anda kekenyangan. Namun, jangan kentut sembarangan, ya!

  1. Ganti Pakaian

Cara mengatasi perut begah yang lainnya adalah dengan mengganti pakaian Anda dengan yang longgar. Umumnya perut begah akan membuat baju terasa sempit terutama di bagian perut dan membatasi pergerakan Anda.

Anda bisa melepaskan ikat pinggang dan ganti celana longgar atau pakaian yang bisa membuat Anda bernapas. Tarik napas dan biarkan tubuh Anda relax untuk mencerna makanan dengan lebih baik.

  1. Kompres Perut

Cara mengatasi perut begah yang selanjutnya adalah dengan mengompres perut dengan air hangat. Caranya adalah rebus air sampai hangat lalu tuangkan ke botol beling.

Cek dulu suhunya agar tidak terlalu panas untuk perut atau lapisi dengan kain lagi, lalu kompres perut selamat kurang lebih 15-20 menit atau sampai merasa perut sudah lebih lega. Cara tradisional kompres perut ini ampuh untuk melegakan perut begah.

Baca juga: Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri

  1. Minum Jus Sehat

Selain minum air putih, anda juga disarankan untuk minum jus atau smoothies sehat yang dapat melancarkan pencernaan seperti jus mangga, nanas, dan jeruk. Anda juga bisa minum air kelapa atau susu jahe. Minuman tersebut dapat membuat perut Anda lebih baik.

  1. Jangan Makan Terlalu Cepat

Saat Anda makan banyak Anda pasti tidak mengunyahnya dengan benar. Kondisi itu membuat Anda tidak sadar jika sebenarnya perut Anda sudah penuh.  Cobalah makan tidak buru-buru dan nikmati rasa makanan tersebut dengan baik.

  1. Jangan Tidur

Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa kekenyangan membuat Anda ngantuk dan ingin tidur segera. Cara mengatasi perut kekenyangan adalah dengan tidak segera tidur setelah makan. Tidur setelah makan hanya memperlambat penyerapan makanan di perut.

11. Minum Obat Pencernaan

Anda mungkin butuh minum obat pencernaan jika kondisi perut kekenyangan sangat mengganggu dan cara-cara yang telah dijelaskan di atas  belum cukup efektif.

Anda dapat minum obat untuk melancarkan pencernaan seperti antasida, bismuth subsalicylate, dan simetikon. Obat tersebut berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan sakit perut, serta membantu bersendawa.

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Semper support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 4400902 , 4403101