Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Ambeien atau wasir di mana dalam dunia medis dikenal dengan sebutan hemoroid adalah salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh orang dewasa. Meskipun ambeien bukan merupakan penyakit mematikan, namun harus segera diobati. Ada banyak cara mengatasi ambeien secara alami, salah satunya dengan menggunakan lidah buaya.

Jika pengobatan dengan obat resep maupun non-resep tidak juga meredakan ambeien, Anda bisa mencoba obat ambeien atau wasir alami. Obat ambeien alami ini juga bisa Anda jadikan sebagai obat pendamping agar gejala penyakit ini lebih cepat membaik.

Berikut adalah berbagai obat ambeien alami yang paling sering di gunakan:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu tumbuhan yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Salah satu manfaat lidah buaya untuk kesehatan adalah ternyata dapat dijadikan sebagai obat ambeien alami. Manfaat ini bisa didapat karena lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa meredakan berbagai jenis iritasi.

Terdapat dua cara untuk menjadikan lidah buaya sebagai obat wasir alami. Konsumsi lidah buaya dapat membantu melancarkan pencernaan. Sedangkan mengaplikasikan gel lidah buaya sebagai obat oles akan membantu meredakan peradangan serta meringankan rasa sakit dan sensasi terbakar pada anus.

2. Teh Hitam

Teh hitam, kandungan asam tanin dalam teh hitam dipercaya mampu untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat ambeien. Cara mengaplikasikannya adalah dengan menggunakan kantong teh hitam basah untuk mengompres anus.

Kantong teh direndam terlebih dulu dalam air hangat dan kemudian langsung dikompres. Anda  juga juga bisa menggunakan kantong teh bekas yang didinginkan lebih dulu. Kompres selama kurang lebih 10 menit pada anus dan lakukan 2 hingga 3 kali sehari.

3. Garam Epsom dan Gliserin

Obat wasir alami selanjutnya adalah campuran garam epsom (garam dengan kandungan magnesium sulfat) dan gliserin. Caranya adalah dengan mencampurkan garam epsom dan gliserin dengan perbandingan 1:1. Kemudian gunakan kapas atau kain kasa untuk mengaplikasikan campuran tersebut pada bagian anus. Diamkan selama 15 hingga 20 menit dan ulangi 2 hingga tiga kali sehari.

4. Bawang Putih

Bawang putih juga masuk ke dalam daftar obat wasir alami yang direkomendasikan. Bawang putih kaya akan kandungan berbagai zat yang membuatnya memiliki sifat detoksifikasi, antibakteri, dan antiinflamasi. Bawang putih dipercaya ampuh untuk melancarkan sirkulasi darah, memberi perlindungan pada pembuluh darah, hingga menghancurkan bakteri di usus.

Terdapat beberapa cara untuk menjadikan bawang putih sebagai obat alami ambeien. Cara pertama adalah dengan mengonsumsinya mentah-mentah. Cara kedua adalah dengan mengoleskan bawang putih pada bagian ambeien secara langsung. Tetapi penggunaan bawang putih sebagai obat luar tidak direkomendasikan jika wasir disertai pendarahan.

Baca juga: Penyebab dan Cara Pengobatan Gusi Bengkak

5. Cuka Apel

Obat ambeien alami selanjutnya adalah cuka apel. Bahan alami yang satu ini mengandung zat astringent yang mampu untuk menyusutkan pembengkakan pada pembuluh darah serta meredakan peradangan. Terdapat beberapa cara untuk memanfaatkan cuka apel sebagai obat wasir.

Cara pertama adalah mencampurkan cuka apel dengan air yang digunakan untuk membasuh anus. Cara kedua adalah dengan mengaplikasikan cuka apel menggunakan kapas atau cotton bud pada daerah ambeien. Cara lainnya adalah dengan mencampurkan beberapa tetes cuka apel dengan air putih untuk diminum.

6. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah pelembap alami yang juga dapat membantu mengurangi gejala wasir. Cara alami mengobati ambeien dengan mengoleskan minyak kelapa untuk mengurangi iritasi dan pembengkakan, dan juga membantu mengurangi keinginan untuk menggaruk.

7. Minyak Almond

Obat wasir alami yang satu ini umumnya diberikan sebagai pengobatan wasir eksternal. Caranya adalah dengan mengaplikasikan minyak secara langsung pada wasir eksternal. Minyak almond akan memberikan efek melembapkan serta dapat meredakan peradangan serta menenangkan kulit sehingga rasa sakit dan gatal akibat wasir akan berkurang.

8. Minyak Zaitun

Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun yang kaya akan antioksidan dan juga memiliki sifat anti-inflamasi. Cara mengaplikasikan minyak zaitun sebagai obat ambeien alami sama seperti cara mengaplikasikan minyak almond.

9. Tea Tree oil

Sifat antiseptik dan anti-inflamasi pada tea tree oil dapat mengurangi pembengkakan dan gatal-gatal yang disebabkan oleh ambeien. Cara alami mengobati ambeien alami ini telah didukung oleh beberapa penelitian yang menemukan bahwa gel yang dibuat dengan tea tree oil bisa mengurangi gejalanya. Tetapi khasiat minyak ini masih memerlukan banyak penelitian.

10. Berendam Air Hangat

Cara mengatasi ambeien secara alami ini tujuannya adalah untuk relaksasi dan mengurangi rasa sakit akibat ambeien. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengisi wadah besar dengan air hangat, kemudian duduk di dalam wadah tersebut selama kurang lebih 15 menit.

Anda bisa melakukan cara ini setiap merasakan sakit setelah BAB. Tapi yang perlu diketahui adalah tentunya cara ini tidak efektif untuk menyembuhkan, tapi hanya efektif untuk meredakan gejala wasir saja.

11. Es Batu

Selain berendam dengan air hangat, cara lain yang juga efektif untuk meredakan rasa sakit akibat wasir adalah menggunakan es batu. Caranya adalah dengan mengompres bagian yang terasa sakit menggunakan es batu yang dibungkus kain selama beberapa menit hingga rasa sakitnya perlahan mereda.

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2021 - Apotek Semper support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 4400902 , 4403101