Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Diabetes tipe 1 adalah kondisi ketika kadar gula darah (glukosa) melebihi batas normal. Hal ini bisa terjadi karena tubuh tidak dapat memproduksi insulin dalam jumlah cukup. Insulin sendiri merupakan hormon yang diproduksi oleh pankreas dan berfungsi untuk mengatur kadar glukosa di dalam tubuh. Akibat insulin yang diproduksi sedikit, glukosa tidak dapat diserap dengan baik oleh sel dan terjadilah penumpukan.

Diabetes tipe ini tidaklah sama dengan diabetes tipe 2. Jika diabetes tipe 1 disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup (atau bahkan tidak bisa memproduksi insulin sama sekali), maka produksi insulin tetap berjalan pada penderita diabetes tipe 2. Hanya, insulin tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya untuk mengontrol gula darah dengan optimal.

Juvenile diabetes ditandai oleh sejumlah gejala yang kemunculannya terbilang cepat (bisa berlangsung dalam hitungan beberapa minggu).

Berikut adalah ciri-ciri atau gejala diabetes tipe 1 yang penting untuk Anda ketahui dan waspadai!

1. Mudah Haus

Gejala pertama yang umum dirasakan adalah mudah merasa haus. Hal ini dimungkinkan karena tingginya kadar glukosa membuat organ ginjal harus bekerja ekstra dalam menyaring gula yang berlebih tersebut. Alhasil, urine yang dihasilkan oleh ginjal menjadi lebih kental.

Guna mempermudah proses pengeluaran urine, tubuh memerlukan lebih banyak cairan untuk mengencerkan urine. Inilah yang lantas membuat tubuh bereaksi dengan memunculkan rasa haus guna mendapatkan cairan tambahan.

2. Peningkatan Frekuensi Buang Air Kecil (BAK)

Berkaitan dengan gejala yang pertama, gejala selanjutnya adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil (BAK).

Pasalnya, rasa haus yang kerap muncul membuat penderita diabetes jenis ini harus sering minum. Akibatnya, kandung kemih mudah untuk terisi penuh. Inilah yang kemudian menyebabkan keinginan untuk buang air kecil jadi meningkat.

3. Berkeringat saat Tidur

Produksi keringat berlebih—terutama di malam hari saat sedang tidur—juga menjadi gejala diabetes tipe 1 yang perlu diketahui.

Apabila selama ini Anda atau anak Anda jarang atau bahkan tidak pernah berkeringat sama sekali ketika tidur dan tiba-tiba menjadi sering berkeringat, sebaiknya perlu waspada dan segera kunjungi dokter guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga : Manfaat Jus Tomat untuk Turunkan Hipertensi

4. Mudah Lapar

Penderita diabetes juvenil juga akan lebih sering merasa lapar.

Gejala yang satu ini muncul dikarenakan sel tubuh tidak dapat menyerap glukosa akibat tidak memadainya kadar insulin. Padahal, glukosa yang diserap tersebut nantinya akan diubah menjadi energi.

Akibat kondisi tersebut, tubuh menjadi kekurangan energi yang lantas berujung pada munculnya rasa lapar.

5. Berat Badan Menurun Drastis

Mereka yang menderita tipe diabetes yang satu ini memang akan menjadi lebih sering makan. Akan tetapi, kondisi ini tidak membuat tubuh mengalami peningkatan massa.

Alih-alih berat badan bertambah, yang terjadi justru berat badan menurun secara drastis. Mengapa demikian? Jawabannya tak lain juga karena ketidakmampuan tubuh untuk menyerap glukosa yang seharusnya menjadi sumber energi.

Akibat tidak ada ‘bahan’bakar’ utama yang bisa digunakan, tubuh lantas menggunakan lemak yang ada sebagai alternatif sumber energi. Alhasil, massa lemak akan berkurang dan berdampak pada menurunnya berat badan.

6. Tubuh Terasa Lelah

Gejala diabetes tipe 1 lainnya yang juga dirasakan oleh penderita penyakit ini adalah kelelahan yang mendera tubuh terus-menerus.

Pasalnya, glukosa yang menjadi sumber energi tidak dapat diserap dengan baik oleh sel akibat sedikitnya jumlah insulin yang diproduksi. Akibatnya, tubuh menjadi kekurangan energi dan cepat sekali merasa lelah.

Jika kondisi ini terjadi pada anak-anak, tentu saja akan berdampak pada terganggunya aktivitas sehari-hari mulai dari belajar hingga bermain.

7. Penglihatan Kabur

Diabetes juvenil pun menyebabkan penderitanya mengalami gejala berupa kaburnya penglihatan.

Dilansir dari WebMD, penglihatan yang kabur pada penderita diabetes jenis ini dikarenakan tingginya kadar gula di dalam tubuh juga menyebabkan lensa mata mengalami pembengkakan yang kemudian memengaruhi kemampuan organ tubuh tersebut dalam menjalankan fungsinya sebagai indera penglihatan.

Selain itu, masih ada beberapa gejala lainnya yang mungkin dialami oleh para penderita diabetes jenis ini yaitu:

  • Napas pendek
  • Mulut dan kulit kering
  • Mual
  • Muntah
  • Sakit perut
  • Wajah memerah

Baik diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2 memiliki ciri-ciri atau gejala yang secara umum mirip. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut guna mengetahui jenis diabetes apa yang Anda derita.

Berikut ialah ciri-ciri gejala diabetes tipe 1, semoga bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf bila ada salah kata.

source : doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Apotek Semper support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 4400902 , 4403101