Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Apabila seseorang tidak memenuhi kebutuhan kalsium di tubuhnya dalam jangka panjang, kondisi ini akan memicu gangguan pertumbuhan dan masalah kesehatan serius. Seseorang yang mengalami kondisi ini mungkin tidak memiliki gejala signifikan.

Gejalanya pada setiap orang berbeda-beda tergantung jenis kelamin, usia, dan tingkat keparahan. Berikut ini akibat kekurangan kalsium pada tubuh:

1. Osteoporosis dan Osteopenia

Osteoporosis dan Osteopenia terjadi akibat kadar kalsium rendah. Osteoporosis adalah kerapuhan tulang yang rentan terhadap patah tulang, sementara osteopenia adalah kurangnya kepadatan mineral tulang.

Kedua kondisi akibat kekurangan kalsium ini menyebabkan nyeri, masalah postur, dan meningkatan risiko kecacatan terkait tulang.

2. Masalah Otot

Kadar kalsium rendah menyebabkan masalah otot seperti kram, nyeri, kesemutan, kejang otot, hingga mati rasa. Kondisi ini umumnya terjadi di lengan, tangan, kaki, dan sekitar mulut namun sebagian besar orang tidak menyadari bahwa itu adalah ciri-ciri kekurangan kalsium.

3. Kelelahan Ekstrim

Akibat kekurangan kalsium adalah rasa lelah ekstrim, mengantuk, namun juga mengalami insomnia. Orang-orang yang mengalami defisiensi kalsium juga selalu merasa lesu, lemas, lemah, sakit kepala ringan, dan tidak berenergi.

Baca juga : Inilah Ciri-ciri Gejala Diabetes Tipe 1

4. Masalah Kulit

Kadar kalsium rendah pada tubuh seseorang akan memengaruhi kesehatan kulit dan kukunya dengan gejala kulit kemerahan, gatal, melepuh, kering, dan kuku rapuh atau patah. Dalam beberapa kasus, kondisi ini juga menyebabkan rambut rontok dan alopecia atau kebotakan.

5. Masalah Gigi

Manfaat kalsium adalah untuk menjaga kepadatan serta kekuatan gigi dan tulang. Penyakit kekurangan kalsium akan membuat gigi rapuh, iritasi gusi, dan kerusakan gigi di masa depan.

6. Sindrom Pramenstruasi yang Menyakitkan

Kadar kalsium rendah dan gejala pramenstruasi tidak pernah dikaitkan, namun penelitian membuktikan bahwa wanita yang memliki kadar kalsium rendah cenderung mengalami gejala pra menstruasi yang lebih menyakitkan.

7. Depresi

Beberapa penelitian meyakini bahwa penyakit kekurangan kalsium berkontribusi pada peningkatan gejala depresi, namun penelitian lanjutan masih dibutuhkan.

Beberapa ciri-ciri kekurangan kalsium lainnya, meliputi:

  • Kesemutan atau mati rasa di tangan, kaki, dan wajah
  • Halusinasi
  • Nyeri dada
  • Sulit menelan
  • Perubahan suara
  • Gatal-gatal
  • Katarak

Beberapa orang bahkan mungkin tidak mengalami gejala apapun sampai kondisi tersebut berlangsung jangka panjang.

source : doktesehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Apotek Semper support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 4400902 , 4403101